As Ops Mabes Polri Gelar Rakor Pengendalian Karhutlah Melalui Virtual Conference

Polresbalangan.com, Paringin – Video Conference (vicon) dalam agenda Rakor Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Oleh As Ops Mabes Polri Ke seluruh Jajaran Polda dan Polres jajaran dipimpin langsung oleh As Ops Kapolri Irjen Imam Sugianto, dalam kegiatan diikuti oleh Forkopimda Balangan, Senin (15/3) siang.

Pada Rakor Vicon Karhutla tersebut, Irjen Imam Sugianto menekankan untuk Prioritaskan upaya pencegahan Karhutla melalui Konsolidasi dan Koordinasi dengan baik, dengan membentuk satu sistem pelaporan dan pemantauan yang terintegrasi sehingga mempermudah pemantauan dan pelaporan secara cepat dan manfaatkan aplikasi pemantauan titik api, sipongi yang dimiliki oleh Kementerian Lingkungan hidup RI.

Pelaksanaan selama pencegahan Karhutlah tersebut harus dalam Infrastruktur monitoring dan pengawasan bersama POLRI, TNI, BPBD, LAPAN, BMKG, Manggala Agni dan masyarakat peduli api hingga sampai ditingkat bawah dengan melibatkan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan kades dalam pencegahan Karhutla.

“Setiap daerah yang rawan terjadinya Karhutla harus mencari solusi permanen untuk mencegah dan menangani Karhutla di tahun-tahun mendatang,” tegas Irjen Imam Sugianto

Lebih penting lagi, seluruh pihak yang terlibat dalam pencegahan Karhutlah di lahan Gambut, harus melakukan penataan ekosistem gambut dalam kawasan hidrologi gambut untuk menjamin ketersediaan air tanah.

“Tanggap dan segera antisipasi titik api kecil, jangan biarkan api membesar sehingga sulit dikendalikan,” pungkasnya.

Dari segi penegakkan hukum maupun pencegahan, Polri sebagai alat negara harus hadir, lakukan penindakan tanpa kompromi serta dilaksanakan secara tegas dan keras bagi siapapun yang melakukan Karhutlah baik di Konsesi perkebunan milik Koorporasi maupun masyarakat.

Agenda vicon yang berlangsung hingga tengah hari tersebut memberikan gambaran dan arahan yang cukup gamblang bagi pemangku kebijakan di setiap daerah dalam membuat keputusan maupun langkah – langkah dalam tindak pencegahan yang dapat dilakukan bersama stakeholder.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid, Dandim Letkol Infanteri Ali Ahmad Spariadi, Wakil Bupati Balangan H.Supiani, S.Sos, MSI, Kepala BNPD alive Love, Kadis Lingkungan Hidup H. Musa, Perwakilan Dinas Pertanian,Perwakilan Dinas Kominfo, Kepala UPT Dinas kehutanan dan Perkebunan Kab. Balangan dan Kasat Intelkam, Kasat Sabhara, Kasat Reskrim dan Polsek Jajaran Polres Balangan.

 1,818 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.