Manfaat Aplikasi Andalan Polres Balangan E-Sanggam

Polresbalangan.com – Mempermudah pelayanan bagi masyarakat dan memberikan pelayanan yang cepat tanggap, Polres Balangan telah memiliki aplikasi Elektronik Sistem Aplikasi Pelayanan Pengaduan dan Gangguan Masyarakat atau disingkat E-Sanggam.

Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid yang secara langsung meluncurkan Aplikasi E-Sanggam di Aula Sapta Marga Polres Balangan menyampaikan, aplikasi ini sudah melalui uji coba yang dilakukan oleh jajaran Polsek jajaran di wilayah Polres Balangan.

“Melalui aplikasi E Sanggam ini, kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan bisa didapat. Aplikasi ini tersedia di Play Store pada android ini, bisa diunduh oleh siapa pun secara gratis,” ungkap dia.

Fitur yang tersedia dalam aplikasi E Sanggam, kata dia, di antaranya pendaftaran SIM, pendaftaran SKCK, pendaftaran SKBN, izin keramaian, surat keterangan kehilangan, news, serta media sosial Polres Balangan. Baik itu akun facebook, twitter dan Youtube.

Namun yang paling menjadi perhatian ialah fitur Tombol Darurat dan Pengaduan. Melalui dua fitur ini, Polres Balangan siaga melayani masyarakat apabila Tombol Darurat ditekan.

Tombol Darurat bisa langsung disentuh dalam fitur E Sanggam. Fitur ini dapat digunakan untuk pelaporan apa pun terutama apabila ada bahaya, tindakan kriminal atau adanya orang yang dianggap mengganggu ketertiban masyarakat. Setelah terlebih dahulu dilakukan konfirmasi kepada pelapor.

Fitur Tombol Darurat pada E Sanggam dapat melacak lokasi pengguna. Sementara, pemberitahuan akan didapat oleh anggota kepolisian yang terdekat melalui smartphone mereka. Maka dari itu, ketepatan data pun menjadi penting karena diperlukan nomor identitas dari pengguna saat mendaftar.

“Keberadaan aplikasi E Sanggam merupakan inovasi yang dihadirkan oleh Polres Balangan untuk masyarakat. Kami yakin, Pemkab Balangan juga akan mendukung inovasi dalam hal pelayanan ini. Karena memiliki tujuan yang sama, yakni memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ujar dia.

Lebih lanjut ia berharap, E Sanggam dapat membantu Polres Balangan dalam hal mewujudkan Kabupaten Balangan yang aman dan kondusif.

 2,030 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.