Kapolres Balangan Pedomani Hasil Survei BPN atas Perilaku Masyarakat pada Masa Pandemi Covid-19

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah guna percepatan penanganan Covid – 19 dengan melakukan pencegahan penyebaran melalui kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang hingga saat ini masih berlangsung serta penerapan protokol kesehatan dari seluruh lapisan masyarakat.

Pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 yang dilakukan seluruh stakeholder sesuai fungsinya masing – masing juga merambah Badan Pusat Statistik dengan upayanya melakukan survei perilaku masyarakat pada masa Pandemi Covid-19 pada periode 13-20 Juli 2021 sejak dikeluarkannya kebijakan pemerintah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di sejumlah tempat.

Meningkatkan kerjasama dalam penanganan Covid-19, Kepala Badan Pusat Statistik kabupaten Balangan, Deddy Winarno, S.ST, M.Si, menyambangi Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.IK, di ruang kerjanya, guna menyampaikan hasil Survei Perilaku Masyarakat Pada Masa Pandemi COVID-19 yang dilakukan secara daring (online) mulai tanggal 13-20 Juli 2021.

Disampaikan Deddy, penyerahan buku hasil survei tersebut bertujuan untuk mendukung penyusunan kebijakan pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 melalui penyediaan informasi tentang kepatuhan diri dan masyarakat sekitar terhadap protokol kesehatan, pendapat masyarakat tentang vaksinasi, dan respon masyarakat dalam menyikapi masa pembatasan kegiatan.

Disisi lain, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K, membeberkan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan dengan seluruh pemangku kewajiban percepatan penanganan Covid-19 guna mencari cara yang cepat dan tepat sasaran.

“Saya berterimakasih atas hasil survey yang telah disampaikan oleh BPS, dari data yang ada akan kami digunakan sebagai pedoman dalam melakukan penanganan Covid 19 di Kabupaten Balangan,” pungkasnya saat dikonfirmasi Humas Polres Balangan, Kamis (19/08) sore.

Dari data yang disajikan, pada umumnya masyarakat atau responden yang disurvei atas kepatuhan terhadap protokol kesehatan sudah baik, namun perilaku responden masih perlu perhatian dalam penerapan protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan, mencuci tangan serta menjaga jarak.

“Data menunjukan, Masih ada sekitar 31% responden yang lalai, itu tugas kita bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat kita Balangan agar penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir,” ungkap AKBP Zaenal Arifin.

Sebelum melanjutkan tugas, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K, mengajak seluruh masyarakat Balangan untuk mensukseskan program Vaksinasi dan tetap mematuhi Protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

“Tetap beraktivitas dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat dan Mari sukseskan Vaksinasi Covid-19,” tegasnya

 1,268 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.