Operasi Bina Karuna Intan 2021, Polres Balangan Ajak Masyarakat Untuk Peduli Lingkungan

Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Serta Antisipasi Banjir Dan Tanah Longsor, Polres Balangan Polda Kalimantan Selatan memberikan Sosialisasi dan Himbauan kepada masyarakat di Desa Hujan Mas Kec. Paringin Kab. Balangan. Rabu (01/12/2021) Siang.

Kegiatan Sosialisasi Karhutla Serta Antisipasi Banjir Dan Tanah Longsor, ini dalam rangka Operasi Bina Karuna Intan 2021 yang dilakukan oleh Personil Polres Balangan dan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan, antisipasi Banjir serta tanah longsor.

Dengan mengantisipasi dari awal, baik berupa memberikan himbauan serta mengajak masyarakat unutk mencintai lingkungannya serta tidak melakukan pembakaran dan penebangan hutan secara liar baik untuk kepentingan pribadi maupun kelompok karena berdampak pada ekosistem hutan, juga meangkibatkan resapan air berkurang sehingga menyebabkan Banjir dan tanah longsor.

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K melalui Kasat Binmas Polres Balangan Iptu Kuswanto mengatakan Sosialisasi Karhutla, antisipasi banjir dan tanah longsor yang dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan Operasi Bina Karuna Intan 2021, apalagi saat ini situasi di wilayah Kab. Balangan sedang terdampak Banjir di beberapa wilayah.

Banjir yang terjadi karena kurangnya daerah resapan air akibat dari pembukaan lahan dan penebangan hutan secara liar serta curah hujan yang cukup tinggi dikarekan saat ini memasuki musim penghujan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa membakar hutan baik disengaja maupun tidak disengaja akan mendapatkan sanksi pidana UU No. 32 Tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dengan ancaman 10 tahun penjara serta denda 15 milyar,” jelas Kasat Binmas Iptu Kuswanto.

 1,216 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.