Pastikan Kesiapan Tangani Karhutla, Kapolres Balangan Cek Sarpras dan Personel

Guna memastikan sarana dan prasarana Karhutla siap digunakan, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K melakukan pengecekan peralatan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di lapangan apel Polres Balangan. Selasa, (12/04/2022) Pagi.

Seluruh personel Polsek di wilayah hukum Polres Balangan disiagakan untuk kesiapan perlengkapan alat tersebut, begitu pula sejumlah BPK yang siap dan sukarela menjadi relawan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kab. Balangan.

‚ÄúPengecekan untuk kesiapan penanganan Karhutla yang dilaksanakan ini mengigat saat ini sudah memasuki musim kemarau, nantinya apabila terjadi Karhutla sarana dan prasarana sudah siap dan kita berharap semoga di wilayah Kalsel khususnya Kab. Balangan tidak terjadi Karhutla dan personil yang mengawaki tetap semangat dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas,”. Ucap Kapolres Balangan.

Kapolres Balangan juga mengatakan, pentingnya pemetaan kawasan rawan kebakaran hutan dan lahan. Dengan pemetaan tersebut dapat menguasai dan memahami lokasi Karhutla sehingga dapat memudahkan petugas dalam pencegahan kebakaran.

Adapun daerah rawan yang dimaksud terdapat pada seluruh wilayah kecamatan di Kab. Balangan. Pada tiap kecamatan ada desa-desa yang dianggap rawan Karhutla dan semua personel Polsek pun disiagakan untuk penanganan tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K juga mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kemudian apabila ingin membuka lahan, maka jangan membakar, serta apabila melihat titik api segera melaporkan kepada pihak berwajib.

 182 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.