Rakor Lintas Sektoral Ops Ketupat Intan 2022 Polres Balangan Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H diwilayah Kab. Balangan, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Ketupat Intan tahun 2022 berlangsung di ruang rapat Sat Reskrim Polres Balangan. Selasa, (26/04/2022) Pagi.

Kegiatan dihadiri oleh Wakapolres Balangan Kompol H.M. Tukiman, SH, MH, Pasi Ops Kodim 1001/HSU-BLG, Kasat Reskrim, KBO Lantas, KBO Intelkam dan Kasubbag Dal Ops Polres Balangan serta Perwakilan dari BPBD Kab. Balangan, Dinkes Kab. Balangan, Dishub Kab. Balangan, Sat. Pol PP Kab. Balangan dan PT. Adaro Indonesia.

Dengan dibukanya Rapat Koordinasi Lintas Sektoral tersebut Wakapolres Balangan memaparkan kesiapan apa saja yang harus dilaksanakan oleh Polres Balangan dan Steakholder lainnya, salah satunya penempatan personel pada Pos Pengamanan dan Pos pelayanan Idul Fitri 1443 H tahun 2022.

Kasubbag Dal Ops Polres Balangan AKP Bambang menyampaikan, diwilayah Balangan nantinya akan dibangun 2 (dua) Posko yaitu Pos Pengamanan yang berlokasi di Jl. A. Yani Km. 198 Kel. Paringin Kota Kec. Paringin Kab. Balangan (Pos Lantas Paringin) dan Pos Pelayanan yang berlokasi di Desa Dahai Kec. Paringin Kab. Balangan

Kabag Dal Ops Polres Balangan menuturkan bahwa “Kegiatan Operasi ini sendiri akan dimulai pada tanggal 28 April 2022 s/d 09 Mei 2022 dengan sasaran pemeliharaan keamanaan yang mengutamakan preemtif, preventif dan penegakan hukum”. “Saat ini sudah ada kelonggaran bagi masyarakat untuk melaksanakan Mudik namun Prokes harus tetap dilaksanakan,’’ tambahnya.

Tujuan Operasi Ketupat Intan 2022 ini yaitu terjaminnya keamanan Masyarakat dalam melaksanakan perayaan Idul Fitri dan arus mudik lancar dan tidak terjadi penyebaran Covid 19 pada saat pelaksanaan Mudik dan perayaan Idul Fitri 1443 H.

Selain membahas tentang pengamanan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri, dalam rapat juga dibahas terkait Karhutla. Berdasarkan data pada daerah yang rawan terjadi karhutla seperti di Kec. Batumandi, Kec. Lampihong dan Perusahaan Batu Bara, sehingga baik dari TNI, Polri, BPBD dan PT. Adaro Indonesia nantinya akan menyiapkan personel yang stand by guna antisipasi terjadinya Karhutla.

Disamping itu terjadinya kerusakan jalan di Kab. Balangan seperti di Desa Bungin, Kel. Paringin Timur, Gunung Pandau dan Muara Pitap sehingga peran dari Sat Lantas Polres Balangan dan Dishub Kab. Balangan agar tetap melakukan patroli dan pengamanan jalur terlebih di lokasi jalur yang sering digunakan masyarakat untuk beraktivitas dan sebagai jalur mudik.

Selanjutnya, untuk kegiatan malam takbiran sejauh ini masih menunggu petunjuk Bupati Balangan serta status level PPKM, menyikapi hal tersebut perlu juga dilakukan Rakor Satgas dengan melibatkan Disparpora Balangan.

Diakhir kegiatan Rakor, Wakapolres Balangan Kompol H.M. Tukiman, SH, MH mengatakan, jika Kepolisian tidak dapat bekerja sendirian sehingga perlunya Rekan rekan sekalian kami libatkan dalam operasi terpadu ini, dimohon kerjasama dalam melaksanakan tugas, terkait personel yang di sebutkan kami mohon untuk mengirimkan jumlah personel masing-masing steakholder untuk kami laporkan. Tutup Wakapolres Balangan.

 66 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.