Waspada Penyakit Kuku Dan Mulut (PKM) Pada Hewan Ternak, Bhabinkamtibmas Desa Suryatama dan Dinas Terkait Sosialisasi Warga

Dalam rangka mendukung Program Pemerintah terkait penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak, Bhabinkamtibmas Desa Suryatama Kec. Halong Kab. Balangan Briptu Bayu Arisman bersama Dinas Peternakan Balangan melaksanakan kegiatan Pengecekan terhadap Hewan Ternak milik warga Desa Suryatama Kec. Halong Kab. Balangan. Minggu, (15/05/2022) Siang.

Selain melakukan pengecekan terhadap hewan ternak milik warga, Bhabinkamtibmas Desa Suryatama Briptu Bayu bersama dinas terkait juga memberikan edukasi dan sosialisasi terkait PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) kepada pemilik ternak.

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K melalui Kapolsek Halong Iptu Krismianto, SH mengungkapkan pihak Kepolisian akan bersinergi dengan Dinas peternakan serta dinas terkait untuk berkoordinasi dalam rangka penanganan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak yang saat ini lagi banyak dibicarakan terkait penularan di beberapa daerah di Indonesia.

“Kita akan terus bersinergi serta mengedepankan Bahabinkamtibmas dan kolaborasi dengan dinas peternakan dan pusat kesehatan hewan untuk pendataan guna menginvetarisasi kerawanan penyakit ternak dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Balangan. ” Ujar Iptu Krismianto.

Lebih lanjut, Iptu Krismianto, SH menjelaskan jika kegiatan pengecekan dilakukan menyusul ditemukannya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) hewan ternak di beberapa daerah di Indonesia.

“Dibeberapa kota di Indonesia seperti di Jawa Timur sudah ditemukan beberapa kasus PMK pada hewan ternak, kita segera mengantisipasinya berkoordinasi dengan dinas terkait terutama dinas peternakan agar tidak sampai ada penyebaran di Balangan,” jelasnya.

Selain itu Dihimbau kepada masyarakat  untuk mengenali gejala gejala penyakit mulut dan kuku pada hewan ternaknya agar segera menghubungi aparat setempat jika mendapatinya. Dihimbau untuk tetap tenang dan tidak panik, karena virus PMK pada hewan ternak ini tidak menyebabkan gangguan kesehatan kepada manusia dan agar dalam memasak daging dilakukan dengan benar dan bersih.

 156 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.