Peringati Hari Lahir Pancasila, Polres Balangan ikuti Upacara Secara Virtual

Dalam Rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 01 Juni 2022, Polres Balangan mengikuti Upacara secara Virual bertempat di aula Pesat Gatra Polres Balangan. Rabu, (01/06/2022) Pagi.

Kegiatan dipimpin oleh Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono, SH, S.Sos, MM dan dihadiri para Kabag, Kasat, Kasi dan seluruh Kapolsek jajaran Polres Balangan.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 01 Juni 2022 dengan tema ” Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia” dilaksanakan secara virtual dari Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara dan di ikuti oleh sejumlah pejabat negara lainnya dan tamu undangan.

Dalam amanat upacara yang disampaikan Presiden Joko Widodo berpesan tentang pentingnya mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, dalam berbangsa, dan dalam bernegara, “Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita disepanjang Republik ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan” .

Di Kota Ende Provinsi NTT ini, Bung Karno bapak Proklamator kemerdekaan pendiri bangsa merenung dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan PTKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia.

Saya mengajak anak – anak bangsa dimanapun berada untuk bersama sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai – nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

“Selamat memperingati hari lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Jokowi.

Usai Pelaksanaan Upacara secara Virtual dikonfirmasi, Wakapolres Balangan Kompol Dany Sulistiono, SH, S.Sos, MM mengatakan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini Covid-19 belum berakhir, sehingga Pemerintah melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menerbitkan Surat Edaran tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 dalam Surat Edaran Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 04 Tahun 2022, Surat Edaran itu menjelaskan pedoman dan susunan acara pelaksanaan Peringatan Hari Lahir Pancasila di tingkat Pusat dan Daerah.

 86 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.