Puluhan Sapi di Balangan Divaksin

Balangan – Menjaga kesehatan hewan ternak dari bahaya Penyakit Mulut dan Kuku, petugas kesehatan yang tergabung dalam tim DKP3 kabupaten Balangan melakukan vaksinasi hewan di desa Sumber Rejeki kecamatan Juai, Balangan, Senin (25/07) siang.

Personel Satuan Binmas Polres Balangan turut mendampingi kegiatan Vaksinasi yang dilakukan sebagai bagian dari satuan tugas operasi Aman Nusa guna memastikan kelancaran selama kegiatan vaksinasi.

Disebutkan Kapolres Balangan melalui Kasi Humas Ipda Piktrus, Aktivitas pemantauan hewan ternak di kabupaten Balangan menjadi rutinitas dan tugas pokok para Bhabinkamtibmas dalam menjalankan tugas pembinaan warga di setiap desa binaannya masing – masing.

Selain membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi, upaya pencegahan terjadinya Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak ini berkaitan erat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Semua aktivitas masyarakat saling berhubungan kepada terciptanya keamanan dan ketertiban, dan semua itu kami lakukan secara maksimal,” tutur Ipda Piktrus.

Dari data sementara, Jumlah hewan ternak Sapi yang sudah diberikan vaksinasi sebanyak 67 ekor dari target 100 ekor pada hari ini

“Tim Vaksinasi dibagi menjadi dua tim, tim satu sudah memberikan vaksinasi sebanyak 67 ekor Sapi, tim lainnya belum terkonfirmasi karena terpisah, ditargetkan 100 ekor sapi hari ini untuk diberikan vaksinasi,” jelas Ipda Piktrus.

Diketahui data sebaran PMK saat ini, lebih dari 317.000 hewan telah terinfeksi di 21 provinsi di Indonesia, sebagian besar di pulau terpadat di Jawa dan Sumatra, dengan lebih dari 3.400 hewan dimusnahkan, menurut data pemerintah Indonesia.

Namun, Penyakit mulut dan kuku (PMK) adalah penyakit hewan yang sangat menular yang menyerang sapi, domba, kambing, dan babi tetapi tidak menimbulkan ancaman bagi manusia.

 1,046 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.