Antisipasi PMK, Polsek Paringin Intensif Lakukan Pengecekan Hewan Ternak

Guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Polsek Paringin Polres Balangan bersama dengan personil TNI rutin melakukan monitoring hewan ternak untuk memastikan benar-benar bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) seperti yang dilaksanakan di Desa Bungin Kec. Paringin Kab. Balangan. Sabtu, (30/07/2022) Siang.

Kapolsek Paringin Ipda Eko Budi Mulyono melalui Kanit SPKT Polsek Paringin Bripka Herman Lembang mengatakan, kegiatan pengecekan ini rutin dilaksanakan setiap harinya dengan tujuan untuk mencegah penyebaran PMK secara dini.

“Kami rutin melaksanakan kegiatan pengecekan dan pendataan kepada para peternak, untuk pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak,” Ucap Bripka Herman.

Dalam kegiatan pengecekan tersebut petugas memberikan sosialisasi dan edukasi kepada peternak apabila hewan dalam keadaan sakit segera menghubungi dokter hewan dan dinas peternakan setempat.

Hewan ternak selalu di jaga kebersihan kandangnya dan setiap 3 (tiga) bulan sekali pemilik ternak memanggil Dokter Hewan untuk mengecek kesehatan dan memberikan vitamin kepada hewan ternak tersebut, tambah Bripka Herman.

“Alhamdulillah, untuk pengecekan hewan ternak pada hari ini di wilayah Kec. Paringin Kab. Balangan Kondisi hewan ternak Kambing maupun Sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” tutup Bripka Herman.

 1,222 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.