Satuan Linmas Balangan Siap Bantu Polri jaga Kamtibmas

Balangan – Peranan Satlinmas di Kabupaten Balangan dalam menjaga keamanan di lingkup wilayah desanya sangat membantu Polri dengan keterbatasan personel yang dimiliki Polres Balangan.

Hal tersebut disebut kan Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, S.I.K, melalui Kasi Humas Ipda Piktrus usai pelaksanaan Apel kesiapan Linmas di kecamatan Juai, Kamis (04/08) pagi.

Peranan Linmas di desa dalam menjaga keamanan sangat membantu Polri, kerjasama dan koordinasi serta komunikasi terus dilakukan antar petugas di lapangan,” papar Ipda Piktrus.

Dalam pelaksanaan apel kesiapan tersebut, Bupati Balangan, H. Abdul Hadi selaku pembina apel memberikan angin segar bagi para Linmas. Abdul Hadi menyebutkan pada acara Apel Gabungan Satlinmas Sekecamatan Juai Kabupaten Balangan tahun 2022 di Lapangan Bola, Kecamatan Juai, mengenai kenaikan insentif membuat para Linmas ini semakin bersemangat.

Ditambah lagi, Bupati Balangan berencana menaikan insentif mereka sebesar 100 persen yang akan diusulkan pada anggaran perubahan. Lalu ada lagi pengusulan kenaikan insentif tahap dua.

Sementara itu, Abdul Hadi menyampaikan, adanya apel Satlinmas Sekecamatan Juai membuat dirinya dapat melihat potensi Linmas di Kecamatan Juai untuk mendukung kebijakan Pemda dalam penanganan dan permasalahan Kamtibmas, Kebencanaan dan sosial kemasyarakatan.

Selain itu kata Abdul Hadi, Pemda melakukan kebijakan menaikan insentif Linmas pada akhir tahun yang diharapkan dapat menjadi motivasi dan semangat bagi Linmas tersebut.

“Mudahan paling lambat pada 2024 atau 2023 kita naikan lagi di tahap dua. Sehingga apa yang diterima berbanding lurus dengan tugas dan fungsi dari Linmas,” lanjut Abdul Hadi.

Ia pun berharap para Linmas di Kabupaten Balangan dapat meningkatkan pengabdian serta koordinasi dengan instansi terkait, semisal dengan BPBD Kabupaten Balangan untuk kebencanaan, TNI dan Polri untuk keamanan serta Dinkes untuk layanan kesehatan.

 1,294 total views,  2 views today

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.